Cara Mendaftar Akun Google ( Gmail / Google Mail )

     Cara Mendaftar Akun Google atau yang sering di katakan Google Account (akun Google) adalah fasilitas berupa email atau yang sering disebut surat elektronik yang diberikan oleh situs Google.  Adapun fasilitas lainnya yang akan kita dapat otomatis setelah menjadi member gmail atau setelah mendaftar adalah kita dapat juga login atau sign in di youtube tanpa harus mendaftar akun. Selain itu banyak juga fasilitas lain seperti google drive tempat kita mengupload dan menyimpan arsip layaknya drive pada PC anda. Google Doc, sebuah layanan yang persis seperti google drive namun dikhususkan hanya untuk dokumen seperti office pdf dll. Picasa, tempat anda menyimpan atau merecovery file photo anda agar tetap terjaga, ada juga versi software google picasa ini yang berfungsi sebagai image opener.
     Nah sekarang langsung saja kitamenuju ke langkah mendaftar akun google. Disini tak terlu anda membawa fotocopy KTP, Kartu keluarga, surat jalan atau sebagainya.

1. Pertama adalah buka website Google Mail ( http://mail.google.com/ )
         Bukalah situs yang sudah saya lampirkan diatas. Tunggu hingga muncul tampilan home dari gmail. Jika belum muncul berarti ada masalah pada koneksi anda :D. Tapi memang situs gmail terkenal berat apalagi saat login.
2. Kedua, Isi data diri
          Setelah muncul tampilan, isilah form data diri anda dan juga alamat email anda serta lain-lainnya. Usahakan isi dengan data asli agar mempermudah dalam urusan online anda terkait dengan akun google. Usahakan buat username seunik mungkin agar nilai jual email dan pamor anda tinggi. Dikarenakan jika menggunakan nama-nama yang sduah populer alias pasaran tentu tak akan bisa karena username sudah didaftarkan oleh nama-nama populer sebelumnya. Nanti akan ada sugesti atau usuluan dari google akan ID email anda. Fenomena yang sering terjadi jika nama anda pasaran adalah google akan merekomendasikan ID email anda dengan kombinasi angka seperti dwisaputra123@gmail.com atau ahmad212@gmail.com dan sebagainya. Saya contohkan mbahnadzif@gmail.com unik sehingga tak ada user yanbg menggunakan sebelumnya.
3. Ketiga, Isi nomor hp atau verifikasi capcha
          Setelah itu ada kolom verifikasi lewat nomor handphone, disini kita sebagai pengguna nantinya diberi opsi untuk menggunakan via telephone atau via SMS. Saya sarankan via SMS saja karena lebih mudah dibaca daripada anda mendengarkan operator google berbicara bahasa inggris dan harus repot menyalin kode yang didektekannya. Isi nomor handphone anda, usahakan handphone yang anda pegang. Karena zaman sekarang banyak sekali orang yang menggunakan nomor telephone begitu banyak. Ini serius, karena nanti ada sesi verifikasi, ini adalah bagian yang penting. Sebuah saringan atau filter apakah anda seorang manusia atau robot.
Namun form nomor handphone bisa dilewati namun gantinya kita harus mengisi form verifikasi. Ini bertujuan untuk mencegah robot atau semacamnya ynag mendaftar akun google. Dengan pertanyaan basic anak TK kita dituntut untuk mengisinya. Terkadang angka ataupun kata-kata yang harus di lihat sangat teliti karenga sedikit mengecoh.
4. Keempat, Persetujuan syarat dan ketentuan akun google
          Lalu ceklis persetujuan akan syarat dan ketentuan penggunaan akun google. Jika anda membacanya berarti anda cerdas. Kebanyakan pengguna mengabaikan peraturan dan langsung ceklis persetujuan saja. Setelah sudah selesai memahami ketentuan yang berlaku. Klik daftar atau dalam mode bahasa inggris next step.
5. Kelima, verifikasi akun
          Setelah anda mengklik next step akan muncul tampilan verifikasi nomor handphone yang sempat dibahas tadi, jika anda memilih untuk verifikasi lewat handphone. Tunggu sebentar hingga google memberi sms atau menelpon nomor anda. Jika sudah masuk di handphone anda masukkan code tersebut pada form. Beruntunglah jika anda menggunakan provider yang signalnya tidak ada atau tak stabil di lokasi anda mendaftar akun google. Itu akan mempercepat pendaftaran.
6. Tunggu google mengirimi anda SMS atau pesan
          Setelah itu isilah kolom verifikasi dengan apa yang ada dalam kontak masuk anda. Google memberi kode verifikasi angka pada handphone anda sesuai dengan nomor yang anda berikan ataun masukan tadi. 

7. Lalu masukan code yang diberikan google pada anda
          Setelah itu kembali buka browser anda dan masukanlah kode verifikasi yang ada di handphone anda tadi. Lalu klik continue atau lanjutkan untuk menyelesaikan pendaftaran akun google anda.
          Selesai! selamat menggunakan akun google. terimakasih semoga artilek Cara Mendaftar Akun Google ini bermanfaat :D terimakasih (lagi)

Suka artikel ini ?

About Nadzif Fajar

Admin Blog

Join This Site Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Silakan berkomentar dengan sopan